Minggu, 27 November 2011

Perkembangan Provinsi di Indonesia sejak 1998

PEMEKARAN PROVINSI DI INDONESIA SEJAK ORDE BARU TAHUN 1998

Pada tahun 1999, Timor Timur memisahkan diri dari Indonesia dan berada di bawah PBB hingga merdeka penuh pada tahun 2002, dan Indonesia kembali memiliki 26 provinsi. Ke-26 provinsi tersebut adalah Sumatera Utara, Aceh(mendapat gelar ”Daerah Istimewa tahun 1959), Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Jambi, Riau,Sumatera Barat,  Bali, Nusa Tenggara Barat,  Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Irian Barat, Lampung, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Yogyakarta, Bengkulu, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Maluku, DKI Jakarta, dan Kalimantan Tengah.
Sementara itu, pada era reformasi terdapat tuntutan pemekaran sejumlah provinsi di Indonesia. Pemekaran provinsi di Indonesia sejak tahun 1999 adalah sebagai berikut:
*      Maluku Utara
Ibukotanya Sofifi-Ternate, dimekarkan dari Provinsi Maluku, menjadi provinsi Indonesia ke-27 pada tanggal 4 Oktober 1999.  Presiden Bacharuddin Jusuf Habibie, muncul pemikiran untuk melakukan percepatan pembangunan di beberapa wilayah potensial dengan membentuk provinsi-provinsi baru. Provinsi Maluku termasuk salah satu wilayah potensial yang perlu dilakukan percepatan pembangunan melalui pemekaran wilayah provinsi, terutama karena laju pembangunan antara wilayah utara dan selatan dan atau antara wilayah tengah dan tenggara yang tidak serasi. Atas dasar itu, pemerintah membentuk Provinsi Maluku Utara (dengan ibukota sementara di Ternate) yang dikukuhkan dengan Undang-Undang Nomor 46 tahun 1999 tentang Pemekaran Provinsi Maluku Utara, Kabupaten Buru dan Kabupaten Maluku Tenggara Barat. Dengan demikian provinsi ini secara resmi berdiri pada tanggal 12 Oktober 1999 sebagai pemekaran dari Provinsi Maluku dengan wilayah administrasi terdiri atas Kabupaten Maluku UtaraKota Ternate dan Kabupaten Maluku Utara. Selanjutnya dibentuk lagi beberapa daerah otonom baru melalui Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Halmahera UtaraKabupaten Halmahera Timur,Kabupaten Halmahera SelatanKabupaten Kepulauan Sula dan Kota Tidore.
*      Banten
Dengan ibukota Serang, dimekarkan dari Provinsi Jawa Barat, menjadi provinsi Indonesia ke-28 pada tanggal 17 Oktober 2000.Dimekarkan karena adanya ketidakcocokan antara kehidupan rakyat di Kota Serang dan di Bandung pada masa itu. Kabupaten yang ada adalah Kabupatens Serang, Kabupaten Tangerang, Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kota Tangerang, Kota Serang, Kota cilegon.

*      Kepulauan Bangka Belitung
Dengan ibukota Pangkal Pinang, menjadi provinsi Indonesia ke-29 pada tanggal 4 Desember 2000.  Pada tanggal 13 Mei 1971 Presiden Soeharto meresmikan Sungai Liat sebagai ibukota Kabupaten Bangka. Sejak itu kota Pangkal Pinang sangat ramai dan menjadi terkenal. Maka, berdasarkan UU Nomor 27 Tahun 2000 wilayah Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka dan Kabupaten Belitung menjadi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Selanjutnya sejak tanggal 27 Januari 2003 Provinsi Kepualauan Bangka Belitung mengalami pemekaran wilayah dengan menambah 4 Kabupaten baru yaitu Kabupaten Bangka Barat, Bangka Tengah, Belitung Timur dan Bangka Selatan.
*      Gorontalo
Dengan ibukota Kota Gorontalo, dimekarkan dari Provinsi Sulawesi Utara, menjadi provinsi Indonesia ke-30 pada tanggal 22 Desember 2000. Gorontalo adalah provinsi yang ke-32 di Indonesia. Sebelumnya Gorontalo merupakan wilayah Kabupaten Gorontalo dan Kota Madya Gorontalo di Sulawesi Utara. Seiring dengan munculnya pemekaran wilayah berkenaan dengan otonomi daerah, provinsi ini kemudian dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2000, tertanggal 22 Desember 2000.
*      Irian Jaya Barat
 Dengan ibukota Manokwari, dimekarkan dari Provinsi Papua, menjadi provinsi Indonesia ke-31 pada tanggal 21 November 2001. Kini Irian Jaya Barat berganti nama menjadi Papua Barat. Papua Barat (sebelumnya Irian Jaya Barat disingkat Irjabar) adalah sebuah provinsi Indonesia yang terletak di bagian barat Pulau Papua. Ibukotanya adalah Manokwari. Nama provinsi ini sebelumnya adalah Irian Jaya Barat yang ditetapkan dalam Undang-UndangNomor 45 Tahun 1999. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2007 tanggal 18 April 2007, nama provinsi ini diubah menjadi Papua Barat. Papua Barat dan Papua merupakan provinsi yang memperoleh status otonomi khusus.

*      Kepulauan Riau
Dengan ibukota Tanjung Pinang, dimekarkan dari Provinsi Riau, menjadi provinsi Indonesia ke-32 pada tanggal 25 Oktober 2002 mencakup Kota TanjungpinangKota BatamKabupaten BintanKabupaten KarimunKabupaten NatunaKabupaten Kepulauan Anambas dan Kabupaten Lingga.Dimekarkan Karena Potensi Kepulauan Riau dalam pariwisata  yang tinggi mengingat keadaan alam nya yang menakjubkan.

*      Sulawesi Barat
                 Dengan ibukota Mamuju, dimekarkan dari Provinsi Sulawesi Selatan, menjadi provinsi Indonesia ke-33 pada tanggal 5 Oktober 2004. Dimekarkan Karena sumber kekayaan alam nya yang tinggi dan dianggap mampu.

Daftar Profinsi yang ada di Indonesia:

2 komentar: